Rencana Strategik

Rencana strategik instansi pemerintah merupakan langkah awal mengimplementasikan System Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) yang disusun dengan mengintegrasikan antara keahlian Sumber Daya Manusia (SDM) dan sumber daya lainnya agar mampu memenuhi keinginan masyarakat dan menjawab tuntutan perkembangan lingkungan strategis baik lokal maupun daerah.

Rencana strategik berfungsi sebagai alat bantu yang terukur bagi rujukan penilaian kinerja kepala unit kerja dengan menggunakan sedapat mungkin 5 (lima) tolok ukur, yaitu masukan (infut), keluaran (outputs), hasil (outcomes), manfaat (benefits) dan dampak (impects). Selain itu penyusunan rencana strategik yang meliputi penetapan visi, misi, tujuan, sasaran dan program juga mempertimbangkan perspektif-perspektif masyarakat, sehingga dapat mengarahkan anggota organisasi dalam pengambilan keputusan tentang masa depannya, membangun operasi dan prosedur untuk mencapainya, dan menentukan ukuran keberhasilan atau kegagalannya
Sebagai organisasi sektor publik, Kantor Kecamatan Anggeraja Kabupaten Enrekang mempunyai rencana strategik yang berorientasi pada hasil yang ingin dicapai selama kurun waktu 5 (lima) tahun, yaitu dengan memperhitungkan potensi, peluang, dan kendala yang ada atau mungkin timbul.

Rencana Strategik Kantor Kecamatan Anggeraja Kabupaten Enrekang juga disusun sebagai alat kendali dan tolok ukur bagi manajemen dalam penyelenggaraan pembangunan 5 (lima) tahun dan tahunan serta untuk penilaian keberhasilan . Di samping itu, juga ditujukan untuk memacu penyelenggaraan pembangunan agar lebih terarah dan menjamin tercapainya sasaran strategik pembangunan 5 (lima) tahun mendatang.

Bagi manajemen Kantor Kecamatan Anggeraja Kabupaten Enrekang, Renstra sekaligus dipandang sebagai alat bantu bagi penyelenggaraan pemerintahan, pembangunan dan kemasyarakatan,

VISI DAN MISI

1. Visi

Visi merupakan rumusan umum keadaan yang diinginkan jauh ke depan kearah mana organisasi akan di bawa dengan komitmen untuk mampu menggerakkan organisasi agar dapat eksis, antisipatif, dan inovatif.
Gambaran kesuksesan pembangunan yang ingin dicapai ke depan dapat dilihat pada visi pembangunan dengan memperhatikan dinamika lingkungan strategis, aspirasi masyarakat dan pemerintah.
Adapun Visi Kantor Kecamat Anggeraja adalah sebagai berikut :

“ Pusat Pelayanan Prima Menuju Kecamatan yang Unggul pada Tahun 2013”

Visi tersebut mengandung makna :

  • 1. Pusat Pelayanan Prima memiliki makna Kantor Kecamatan Anggeraja menjadi sentral tempat pelayanan terbaik bagi pelaksanaan pemerintahan, kegiatan pembangunan dan pembinaan kemasyarakatan.
  • 2. Kecamatan yang Unggul memiliki makna Kecamatan Anggeraja mampu mengangkat dan menonjolkan keunggulannya baik dari segi pemerintahan, hasil pembangunan, dan kegiatan kemasyarakatan sehingga tercipta keunggulan spesifik / terdapat nilai-nilai khusus yang menjadi ciri khas Kecamatan Anggeraja.
  • 3. Tahun 2013 adalah rentang waktu yang menunjukkan skala kinerja rencana pencapaian program / ukuran tercapinya rencana strategis dan program kerja yang disusun.

Visi tersebut di atas juga mengandung suatu rangkaian makna yang terjabar pada semua aspek kehidupan masyarakat, pembinaan pemerintahan, dan peningkatan pembangunan di Kecamatan Anggeraja. Visi tersebut juga menunjukkan adanya harapan Kecamatan Anggeraja agar dapat maju dan berkembang secara berkelanjutan dan dapat mendukung tercapainya Visi Kabupaten Enrekang.

2. Misi

Misi adalah rumusan umum mengenai upaya-upaya yang akan dilaksanakan untuk mewujudkan visi. Misi disusun setelah mengkaji makna visi dan keserasiannya dengan lingkungan strategis yang dihadapi dengan memperhitungkan kemungkinannya untuk dijabarkan dalam arah kebijakan, program, prioritas dan pokok-pokok program dan kegiatan.
Adapun misi Kantor Kecamatan Anggeraja adalah sebagai berikut :

    • 1. Mengembangkan sistem pelayanan yang mudah, terukur, dan akuntabel;
    • 2. Menumbuhkembangkan kehidupan masyarakat yang demokratis  dan transparan berbasis pada partisipasi aktif dalam perencanaan, pelaksanaan, pengawasan kegiatan pemerintahan, pembangunan dan kemasyarakatan;
    • 4. Mewujudkan keharmonisan dan keselarasan tugas aparatur kecamatan berdasarkan proporsi tugas dan kewenangan dengan kapabilitas yang dimiliki.
    • 5. Membangun mekanisme pelayanan secara terintegritas;
    • 6. Mengembangkan seluruh potensi Kantor Kecamatan Anggeraja dalam rangka mendukung tercapainya visi dan misi Kantor Kecamatan Anggeraja khusunya dan visi misi Pemerintah Daerah Kabupaten Enrekang.

3.Tujuan

Tujuan merupakan sesuatu apa yang akan dicapai (dihasilkan) pada kurun waktu 1 (satu) sampai 5 (lima) tahun ke depan. Tujuan tersebut ditetapkan dengan mangacu pada pernyataan visi dan misi serta didasarkan pada isu-isu dan analisi strategis. Selain itu tujuan tidak harus dinyatakan dalam bentuk kuantitatif, akan tetapi harus dapat menunjukkan suatu kondisi yang ingin dicapai pada masa akan datang. Diharapkan tujuan akan mengarahkan perumusan sasaran, kebijakan, program dan kegiatan guna merealisasikan misi.

Dengan demikian tujuan merupakan penjabaran atau implementasi dari pernyataan misi yang ditetapkan dengan memperhatikan faktor-faktor penentu keberhasilan dari hasil analisis yang memadai terhadap lingkungan baik internal maupun global.

Berdasarkan uraian tersebut di atas maka ditetapkan tujuan yang akan di capai Kantor Kecamatan Anggeraja sebagai berikut :

  • o Mewujudkan pelayanan prima kepada masyarakat
  • o Meningkatkan pengelolaan dan pelayanan administrasi kegiatan pemerintahan, pembangunan dan kemasyarakatan.
  • – Mendorong terciptanya pemberdayaan masyarakat khususnya perencanaan, pelaksanaan yang bersifat partisifatif, dan pengawasan terhadap kegiatan pemerintahan, pembangunan dan kemasyarakatan;
  • – Mendorng terciptanya sinergitas pelaksanaan tugas dengan unit kerja lainnya secara vertikal maupun secara horizontal.

4. Sasaran

Sasaran merupakan penjabaran dari tujuan, dapat terukur tentang apa yang akan di capai atau dihasilkan. Fokus utama sasaran adalah tindakan dan alokasi sumber daya dalam kegiatan pemerintahan yang bersifat spesifik, dapat diukur, dinilai dan dapat dicapai dengan berorientasi pada hasil yang dicapai dalam kurun waktu tertentu.
Sebagai penjabaran tujuan yang ingin dicapai Kantor Kecamatan Anggeraja maka sasaran yang merupakan kondisi ideal yang diharapkan dapat tercipta sebagai hasil dari akumulasi rangkaian kegiatan yang dilaksanakan sesuai dengan visi dan misi Kantor Anggeraja adalah :

  • a. Terwujudnya sistem pelayanan prima di Kantor Kecamatan Anggeraja yang berorientasi kepada masyarakat.
  • b. Terwujudnya sistem pelayanan administrasi pemerintahan , pembangunan dan kemasyarakatan yang partisifatif, responsive dan akuntabel.
  • c. Terwujudnya prakarsa masyarakat dan optimalisasi kearifan lokal dalam pelaksanaan kegiatan perencanaan pelaksanaan dan pengawasan terhadap kegiatan pemerintahan, pembangunan dan kemasyarakatan di wilayah Kecamatan Anggeraja.
  • d. Terwujudnya optimalisasi koordinasi antar SKPD sehingga mampu bersinergi dalam pelaksanaan tugas, baik secara vertical maupun secara horizontal dalam mendukung terciptanya mekanisme pembangunan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s